Tuesday 4 October 2016

CONTOH BAB 5 PENUTUP, KESIMPULAN DAN SARAN

BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari hasil pembahasan penilaian kinerja PT HM Sampoerna Tbk dan PT Gudang Garam Tbk dengan menggunakan pendekatan EVA (Economic Value Added) dan MVA (Market Value Added) dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Dari hasil perhitungan kinerja keuangan PT HM Sampoerna Tbk dan PT Gudang Garam Tbk dengan menggunakan pendekatan EVA (Economic Value Added) dan MVA (Market Value Added) diperoleh hasil yang berbeda dimana EVA PT HM Sampoerna Tbk selalu berada pada posisi yang positif sedangkan EVA PT Gudang Garam Tbk berada pada posisi yang negatif.
2.      Dari perhitungan kedua perusahaan diatas, dapat kita ketahui bahwa secara perhitungan menggunakan pendekatan EVA DAN MVA, PT HM Sampoerna Tbk berada dalam kondisi yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan PT Gudang Garam Tbk. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan EVA PT HM Sampoerna Tbk yang selalu berada dalam kondisi positif, berbeda dengan EVA PT Gudang Garam Tbk yang berada dalam kondisi negatif dalam beberapa tahun belakangan.

3.      Dari penelusuran peneliti, EVA PT Gudang Garam Tbk berada pada sisi yang negatif dikarenakan Capital Charge perusahaan lebih besar dari Laba Bersih yang diperoleh. Hal ini juga dikarenakan peningkatan Capital Charge dari tahun ke tahun lebih besar daripada peningkatan Laba Bersih yang diperoleh perusahaan dari tahun ke tahun. Hal ini menyebabkan EVA PT Gudang Garam Tbk semakin negatif.
4.      Sedangkan untuk EVA PT HM Sampoerna Tbk, selalu berada pada sisi positif dikarenakan Laba Bersih perusahaan lebih besar daripada Capital Charge yang diperoleh. Hal ini juga dikarenakan peningkatan Laba Bersih dari tahun ke tahun lebih besar daripada peningkatan Capital Charge yang diperoleh perusahaan dari tahun ke tahun. Hal ini menyebabkan EVA PT HM Sampoerna Tbk semakin positif.

B.     Keterbatasan
Keterbatasan dalam penelitian ini adalah adanya data yang tidak tercantum dalam laporan keuangan PT HM Sampoerna Tbk dan PT Gudang Garam Tbk. Data yang dimaksud adalah data tentang total bunga yang dimiliki oleh kedua perusahaan tersebut.

C.    Saran
1.      Perusahaan diharapkan menyajikan informasi yang lebih lengkap dalam laporan keuangannya, terutama dalam informasi total bunga yang dimiliki perusahaan, hal ini tentunya akan memudahhkan peneliti untuk menghitung nilai EVA yang diperoleh masing-masing perusahaan.
2.      Perusahaan diharapkan mampu menekan capital charge untuk meningkatkan nilai EVA yang diperoleh, karena dengan meningkatnya nilai EVA, maka hal ini berarti perusahaan mampu meningkatkan nilai tambah ekonomis. Hal ini tentunya akan menarik minat para investor untuk menanamkan sahamnya di kedua perusahaan tersebut. Dengan kenaikan modal saham yang dimiliki, hal ini tentunya akan berpengaruh pada kenaikan Market Value Added (MVA) yang diperoleh kedua perusahaan tersebut.
3.      Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memperluas rasio penelitian, tidak hanya terbatas padarasio perhitungan EVA dan MVA saja, agar bisa memberikan informasi yang lebih banyak dan lebih lengkap kepada pembaca.

0 comments:

Post a Comment