Wednesday 5 October 2016

7 Tips Menghemat Uang Bulanan untuk Karyawan Lajang

Banyak orang beranggapan bahwa menjadi karyawan itu enak. Terlebih karyawan-karyawan lajang karena mereka belum memiliki tanggungan istri dan anak.
Mungkin saja anggapan itu benar. Namun, faktanya tidak sedikit karyawan lajang yang mengalami kesulitan keuangan. Salah satu penyebabnya adalah mereka boros setiap bulanannya.
Jika Anda salah satu dari mereka, Anda perlu menghemat uang bulanan Anda. Untuk tujuan tersebut, berikut 7 tips menghemat uang bulanan yang dapat Anda lakukan mulai hari ini.

1. Jangan Percaya “Mumpung Masih Lajang Saatnya Bersenang-senang”

Tidak sedikit orang yang percaya bahwa masa lajang adalah masa yang harus dinikmati sepuasnya sehingga menyatakan “Mumpung masih lajang saatnya bersenang-senang”.
Terkait pernyataan ini, Anda mungkin pergi nongkrong di kafe-kafe, bergaul high-class, dan menikmati hiburan malam yang menghabiskan uang tidak sedikit.
Mulai saat ini, Anda jangan lagi percaya dengan pernyataan tersebut. Yang lebih baik adalah “Mumpung masih lajang saatnya menabung untuk masa depan”.

2. Hidup Hemat Bukan Berarti Pelit

Mengikuti pola hidup hemat meruapakn salah satu tips menghemat uang yang paling sederhana. Ya, sejak zaman sekolah dasar, kita telah diajarkan hemat pangkal kaya.
Mulai sekarang, belajarlah hidup hemat karena hemat tidak berarti pelit. Arti hemat di sini adalah mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan kebutuhan primer Anda.

3. Kurangi Kebiasaan Nogkrong

Sungguh tidak ada yang salah dengan kegiatan berkumpul/nongkrong bersama dengan teman terdekat atau kerabat. Namun, jika kegiatan ini dirasa tidak bermanfaat, Anda lebih baik menguranginya.
Sebagai contoh, jika sebulan Anda nongkrong sebanyak 8 kali dengan pengeluaran Rp 1,5 juta, kurangi menjadi 4 kali nongkrong alias sekali seminggu. Dengan demikian, Anda berhemat 50%, bukan?

4. Prioritaskan Kebutuhan Anda

Umumnya, banyak orang yang membelanjakan uangnya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masing-masing. Namun, antara kebutuhan dengan keinginan terdapat perbedaan yang cukup mendasar.
Nah, untuk memisahkan antara kebutuhan dan keinginan ini, Anda perlu membuat skala prioritas yang sangat jelas. Untuk itu, tulis kebutuhan dan keinginan Anda setiap bulannya. Setelah itu, fokus pada kebutuhan tersebut.
Sebagai karyawan lajang, mungkin kebutuhan bulanan Anda seperti ini:
  • Biaya uang kontrakan (bila Anda ngontrak)
  • Biaya transportasi
  • Biaya makan sehari-hari
  • Biaya komunikasi (kuota internet dan menelepon)
  • Cicilan kendaraan

5. Rajin Menabung

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Istilah tersebut rasanya sangat pas untuk menggambarkan manfaat menabung bagi Anda.
Selain bermanfaat untuk masa depan, menabung juga akan “memaksa” Anda untuk tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.
Agar Anda rajin menabung, Anda bisa melakukan satu dari dua hal berikut:
  • Beli celengan dan mulailah menabung setiap hari. Sebagai contoh, jika Anda menabung Rp 20 ribu sehari, sebulan Anda mengumpulkan uang Rp 600 ribu. Dalam setahun, Anda mengumpulkan uang Rp 7,2 juta. Lumayan, bukan?
  • Buat rekening baru dan debet otomatis gaji Anda sebagai tabungan di rekening tersebut.

6. Siapkan Uang Kontan Saat Berbelanja

Masyarakat Indonesia sangat dikenal dengan perilaku konsumtif. Salah satu penyebabnya adalah kemudahan pembayaran, baik dengan menggunakan kartu ATM ataupun kartu kredit.
Agar tidak terjebak perilaku konsumtif ini, Anda perlu membatasi penggunaan kartu ATM atau kartu kredit Anda. Yang paling mudah adalah dengan menyediakan atau menyiapkan uang kontan saat Anda akan berbelanja apa pun.
Dengan uang kontan tersebut, Anda merencanakan belanja sesuai uang tersebut. Dengan demikian, Anda diharapkan tidak tergoda membeli barang lain di luar uang kontan yang Anda bawa.
Cara lain adalah menyimpan kartu kredit Anda di rumah Anda sehingga Anda tidak terbujuk mengkredit suatu barang atau jasa yang ditawarkan tenaga penjualnya. Terkait kartu kredit, silakan lihat tips lain di artikel 8 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak.

7. Ikuti Arisan Kecil-kecilan Bersama Teman

Tidak selamanya berkumpul dan bermain bersama teman-teman memberikan efek negatif. Mengapa? Karena ada kalanya hal tersebut justru bisa memberikan banyak manfaat, misalnya arisan kecil-kecilan bersama mereka.
Untuk itu, jangan malu jika teman-teman Anda mengajak Anda arisan kecil-kecilan. Ikutlah karena cara ini bisa membantu Anda menghemat uang bulanan Anda.
Seperti Anda lihat, ketujuh tips menghemat uang bulanan di atas sederhana. Siapa pun dapat melakukannya, termasuk Anda. Oleh karena itu, cobalah ketujuh tips tersebut mulai hari ini sehingga Anda dapat menjadi karyawan lajang yang tidak kesulitan keuangan.

0 comments:

Post a Comment